Senin, 15 Juni 2009

KEUNGGULAN INTERNET UNTUK SEBUAH PERUSAHAAN

Saat internet muncul pada penghujung abad ke 21, pengguna internet dan masyarakat luas masih meng-identi-kan internet sebagai perkembangan teknologi komputer atau “internet is tools not medium”. Anggapan inipun tidak menjadi hilang manakala booming fasilitas internet (e-mail, chatting dan browser) digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi. Sisi ilmu komunikasipun nampaknya gagap dan bingung untuk memahami dan melihat fenomena internet ke dalam kajian konsep dan teori.

Pada saat ini, internet telah memberikan perusahaan seperangkat kemampuan yang menguntungkan, diantaranya adalah :

· Perusahaan dapat mengoperasikan internet, saluran penjualan dan informasi baru yang sangat berpengaruh, dengan jangkauan geografis yang diperluas untuk menginformasikan dan mempromosikan bisnis dan produk mereka ke seluruh dunia. Dengan membuka satu atau lebih situs web, perusahaan dapat menyampaikan produk dan jasanya, riwayatnya, filosofi bisnisnya, peluang kerjanya, dan informasi lain yang menarik bagi pengunjung. Tidak seperti iklan dan brosur masa lalu, internet menungkinkan perusahaan mengirimkan jumlah informasi yang tidak terbatas.

· Peusahaan dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan kaya tentang pasar, pelanggan, calon pelanggan, dan pesaing. Mereka dapat juga melakukan riset pemasaran yang segar dengan menggunakan internet untuk mengatur kelompok focus, mengirimkan kuesioner, dan mengunpulkan data primer dalam beberapa cara lain.

· Perusahaan dapat memfasilitasi dan memacu komunikasi internal di kalangan karyawan mereka dengan menggunakan internet sebagai intranet private. Karyawan dapat bertanya satu sama lain, mencari nasihat, dan mengambil dan membuang informasi yang diperlukan dari data dank e computer utama perusahaan.

· Perusahaan dapat memiliki komunikasi dua arah dengan para pelanggan da n para calon pelanggan, dan transaksi yang lebih efisien. Internet mempermudah individu-individu untuk mengirimkan e-mail kepada perusahaan-perusahaan dan menerima tanggapan, serta lebih banyak perusahaan dewasa ini mengembangkan ekstranet dengan pemasok dan distributor untuk mengirimkan dan mendapatkan informasi, melakukan pemesanan, dan melakukan pembayaran secara lebih efisien.

· Perusahaan sekarang mampu mengirimkan iklan, kupon, sample, dan informasi kepada pelanggan yang meminta tiga barang atau memberikan izin kepada perusahaan untuk mengirimkannya.

· Perusahaan dapat menyesuaikan tawaran dan jasa dengan menggunakan informasi basis data tentang sejumlah pengunjung pada situs web mereka dan frekuensi kunjungan.

· Perusahaan dapat meningkatkan pembelian, perekrutan, pelatihan, dan komunikasi internal dan eksternal.

· Perusahaan dapat memperoleh penghematan dengan mengunjungi internet untuk membandingkan harga penjual dan membeli barang-barang pada pelelangan atau dengan menentukan syarat-syarat mereka sendiri. Perusahaan dapat merekrut karyawan baru. Beberapa perusahaan juga mempersiapkan produk pelatihan internet yang dapat di download untuk karyawan, dealer, dan agen.

· Perusahaan dapat memperbaiki logistic dari operasi untuk mendapatkan penghematan biaya yang berarti sambil memperbaiki kecamatan dan mutu layanan. Internet memberikan cara yang lebih cepat dan akurat mengirimkan dan menerima informasi, pesanan, transaksi, dan pembayaran antarperusahaan, mitra bisnis mereka, serta pelanggan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar